Buku Harian Anak TERHEBAT

12.20

Buku Harian Anak TERHEBAT 

(TERbiasa Hidup Bersih dan sehAT)

Sekolah sehat adalah sekolah yang mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat sekolah dan untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan anak sekolah melalui berbagai upaya kesehatan. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau, dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat.
Pakar kesehatan dr. Handrawan Nadesul mengatakan bahwa budaya perilaku hidup sehat dibentuk sejak kecil. Pendidikan kesehatan dimulai dari bagaimana kebiasaan sehat itu dibentuk. Perilaku anak sekarang ini sungguh sangat mengkhawatirkan, melalui survey  jajag pendapat PHBS Sekolah Dasar yang dilaksanakan di beberapa sekolah di Lumajang Tahun 2015 ditemukan hasil bahwa terdapat
siswa SD yang punya kebiasaan merokok. Atas dasar permasalahan diatas Dinas Kesehatan Kab.Lumajang membuat suatu program inovasi yang diberi nama BUKU HARIAN ANAK TERHEBAT (TERbiasa Hidup Bersih dan sehAT) dengan sasaran siswa SD kelas 4 dan 5. Dengan adanya buku ini, siswa dapat membiasakan diri untuk berperilaku bersih dan sehat sesuai dengan indikator PHBS.
Pada bagian dalam buku ini terdapat keterangan tentang PHBS harian di rumah, PHBS mingguan di rumah, PHBS harian di sekolah dan cara menghitung Indeks Masa Tubuh. Selanjutnya terdapat format isian  yang harus diisi siswa tentang PHBS harian di rumah, tabel konsumsi anak harian dan pada akhir isi BUKU HARIAN ANAK TERHEBAT berisi tentang PHBS mingguan di rumah. (LUA)

sumber : http://dinkeslumajang.or.id/buku-harian-anak-terhebat/

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images